Sabtu, 24 Agustus 2013

Plagiarism Issue

Sebenarnya sudah lama aku dengar kasus ini, tentang Yuli Pritania, salah satu penulis yang 'mungkin' fenomenal' dalam dunia perfanfiction-an, memplagiat beberapa novel besar, seperti misalnya Novel-novelnya JD ROBB, Stephenie Meyer, atau Ilana Tan. Dari dulu Yuli ini memang sudah sering banet kesandung kasus memplagiat dan diplagiatin. Hanya saja dulu aku agak nutup mata sama beritanya, tidak pernah ambil pusing.

Entah kenapa kemarin, saat aku lagi browsing-browsing, mbah google berhasil membawaku ke sebuah blog, dan di sana lagi heboh dan gempar-gemparnya tentang Yuli Pritania memplagiat beberapa novel JD ROBB. Novel/fanfictionya Yuli yang judulnya 2060, katanya nyaris 85% jiplak banget sama salah satu novel JD ROBB.

Aku punya sih bukunya Yuli yang 2060, kemarin beli karena penasaran ingin baca, seperti apa sih ceritanya yang katanya hasil memplagiat novel besar itu? Sedangkan novel JD ROBB, aku nggak pernah baca, karena beberapa alasan. Aku bukan penyuka novel luar (jarang suka tepatnya), apalagi kalau tebal, dan berseri pula. Apalagi kalau genrenya scifi dan fantasy. Karena aku suka puyeng hahaha, saat Tuhan menciptakanku sepertinya otakku memang diprogram tidak bisa menerima bacaan yang berat, yang banyak istilah sulitnya.. Kecuali, khusus untuk novel TWILLIGHT SAGA, itu satu-satunya novel luar negeri, dan tebal banget, dan berseri, dan bergenre fantasy, yang aku suka dan koleksi, dan tak bosan membacanya (rancu banget deh nih kalimat).

Karena aku belum pernah baca JD ROBB, jadi mungkin aku tak berhak banget yah untuk ikut komentar? Tapi kalau sekadar beropini, nggak apa-apa kan ya? :)

Aku jujur aja, termasuk yang salut dan selalu terpesona dengan tulisan Yuli. Walau aku tidak membaca semua karyanya, tapi aku pernah ngintip-ngintip beberapa ceritanya, seperti Four Season Tale yang katanya terinspirasi dari novel-novel Ilana Tan.

Aku selalu memuji, bahwa Yuli itu punya kemampuan, dan sesungguhnya ia adalah penulis yang sangat cerdas. Ia bisa membawa pembacanya memasuki dunia imajinasinya. Dan mungkin, yang bikin aku bertekuk lutut, karena aku juga penggila Kyu. Kyu itu member favoritku di Super Junior, walau aku tak pernah mengakui diri kalau aku SparKyu. Dan di tangan Yuli, dalam goresan tangannya, ia mampu membuat Kyu menjadi sosok yang benar-benar keren dan itu sesuai banget dengan yang kuimajinasikan. Jadi, nggak salah, siapapun SparKyu di dunia ini, kalau baca tulisan Yuli, pasti akan jatuh cinta dalam sekejap. :) Diksinya sebenarnya sederhana, dan tidak tertata. Tapi, entah kenapa sangat enak dibaca dan bisa membuat para pembaca membayangi dan memahami apa maksud dari yang ditulisnya.

Masalah plagiat itu, menurutku Yuli ini termasuk tipe yang 'aku suka tulisan ini, tapi rasanya ada yang kurang'. Jadi, ia sangat terpesona pada karangan JD ROBB (misalnya), jatuh cinta dengan karakter dan jalan ceritanya, tapi merasa ada yang kurang dan salah, hingga ada dorongan dari dirinya untuk mendaur ulang cerita itu dengan versinya, hingga menjadi sempurna seperti yang ia inginkan.

Yang membingungkan, adalah, apakah itu termasuk plagiat? :)

Sebagian besar pasti bilang iya, dan sebagian lagi pasti membelanya dengan mengatakan itu hanya sekadar terinspiransi.

 Dan Yuli juga kemungkinan termasuk penulis fanfiction yang bila ia menyukai/mengagumi sebuah novel atau cerita, ia langsung terbayang bagaimana kalau karakternya juga punya cerita yang hampir serupa? Dengan kata lain, maksudku di sini bukan berniat memplagiat, tapi memang lebih terinspirasi. Karena Yuli ini tokoh pegangannya adalah Kyu-Hyena, saat dia menonton/membaca Twillight, atau cerita yang lain, ia mungkin membayangkan bagaimana kalau tokohnya juga ditempatkan dalam cerita yang sama, Kyu jadi vampire, dll... dan otaknya mulai berimajinasi dengan liar, hingga jadilah sebuah fanfiction. Iya, aku yakin Yuli itu tipe yang seperti itu. Dan biasanya, tentu hasil fanfiction itu akan beda jauh dengan Twillight. Hanya saja awal terbersit untuk menulis cerita itu memang berasal dari Twillight. Jadi, kurasa kasus ini lah yang terjadi pada novelnya yang 2060.

Saat membaca salah satu novel JD ROBB itu, otaknya pasti langsung dengan liarnya berimajinasi, bagaimana kalau Kyu-Hyena juga ceritanya begitu,, dll. Makanya novel 2060 itu memang terlihat sekilas mirip banget. Tapi sebenarnya dalam beberapa segi cerita beda. Walau tetap saja, yang penggemar novel JD ROBB pasti segera bisa menemukan beberapa kesamaan dan menuduhnya plagiat.

Kenapa aku merasa bisa memahami Yuli?

Karena aku dulu juga seorang plagiat, kalau memang harus dikatakan seperti itu :)

Aku dulu kalau baca cerita bagus, dan merasa ada yang kurang tapi aku suka bangettt, rasanya akugatal mau mendaur ulang ceritanya. Sama seperti Yuli, aku punya tokoh pegangan. Cast Utamaku di fanfiction selalu SHINee. Waktu nonton Twillight, aku langsung terinspirasi ingin membuat cerita vampire, dengan tokohnya SHINee. Jadi semua member SHINee adalah vampire, yang kemudian vampir utamanya jatuh cinta dengan manusia. Nah, intinya mirip kan kayak Twillight? :) Tapi tentu saja saat aku menulis ceritanya, hasilnya beda jauh dari Twillight. Karena aku hanya berniat terinspirasi dari ide cerita yang sudah ada, tapi aku tak ada maksud menjiplak keseluruhan ceritanya. Hanya idenya saja.

Entah lah, ini apa memang termasuk kesalahan atau tidak..aku tidak tahu. Dari dasar hatiku sebenarnya menurutku itu tidak salah. Lagipula kan hanya sekadar have fun saja. Tidak untuk diterbitkan secara legal.

Tapi aku sudah lama meningglkan hobbyku itu, karena aku tahu buat sebagian orang cara menulis seperti itu tak bisa dibenarkan :)

Dan untuk kasus Yuli Pritania itu, mungkin memang harus diadakan penyelidikan khusus dari orang yang bukan penggemar JD ROBB, dan juga bukan penggemar Yuli Pritania, yang kemudian membaca kedua novel tersebut dan bisa menilainya secara Objektif. Karena memang plagiat dan terinspirasi itu bedanya tipis banget. Terlebih kemiripan ceritanya 2060 dengan salah satu karya JD ROBB itu, adalah sebesar 85%. Itu termasuk kebanyakan untuk ukuran sekadar terinspirasi.



5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. pada knyataannya, si author ini tdak mau menerima kritikan, saya pernah kritik di akunnya dan saya diblock, pdhal saya tdk brbicara yg tdk sopan. Cuma satu kata bwt ni author amatir. SOMBONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga menyampaikan opini saya tentang si penulis yang berkomentar (menurut saya) kasar dengan mengatakan 'kalian membaca tanpa bayar, nggak ngapa-ngapain'. menurut saya, mengatakan kata-kata seperti itu sangat tidak pantas dan akan membuat pembaca sakit hati. dihari selanjutnya, komen saya sudah di hapus oleh penulis.

      Hapus
    2. Ya, itu salah satu dari dia yang aku tak suka dan akhirnya il-feel abis :)

      Hapus
  3. Saya juga dulu pernah dikatain plagiatin ff dia, eh taunya ff dia sendiri plagiat. Ngakak aja

    BalasHapus

Lalu, apa pendapatmu tentang ini? :)

 
Miss's WORLD! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template